PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
Oleh
: Agus Priyono, S.Pd.SD
Media
pembelajaran yang didominasi siswa sangat menekankan terhadap perkembangan
intelektual, keutuhan pribadi, perkembangan emosi dan sosial, kejujuran,
kebenaran, ketulusan, penguasaan kompetensi yang berorientasi masa sekarang dan
yang akan datang, serta menekankan interaksi dengan berbagai pihak (siswa
dengan guru, lingkungan dan pemikiran siswa dengan kehidupannya)
1.
Media
Belajar
·
Sarana untuk menyampaikan pesan.
·
Media termasuk sumber belajar.
·
Sumber belajar meliputi pesan, orang, bahan, alat,
teknik dan lingkungan.
No
|
Jenis Sumber Belajar
|
Contoh
|
1.
|
Pesan (Message)
|
Kurikulum, matapelajaran, matakuliah, pokok bahasan,
topik, subtopik. Pengetahuan, sikap, dan ketrampilan. Fakta konsep, prinsip,
dan prosedur
|
2.
|
Orang (Men)
|
Dosen, guru, fasilitator, instruktur, tutor,
asisten, penyiar, khotib.
|
3.
|
Bahan (Software)
|
Kertas tulis, kertas gambar, filem, CD/VCD Blank, kaset audio, video,
kanvas, gypsum.
|
4.
|
Alat (Hardware)
|
Pesawat TV, pesawat radio, komputer, laptop. LCD,
OHP, p[royektor filem, video palyer, DVD palyer.
|
6.
|
Teknik (Technique)
|
Strategi, metode, teknik, misalnya ceramah, diskusi,
debat, naratif, tanyajawab, simulasi, permainan, dramatisasi.
|
7.
|
Lingkungan (Setting)
|
Ruang kelas, ruang lab, perpustakaan, kebun
percobaan, tempat magang, workshop, ruang studio.
|
• Dari klasifikasi
sumber belajar, biasanya yang termasuk kategori media adalah bahan dan alat.
• Ditinjau dari
segi bahasa, istilah media (jamak) medium (tunggal) mengandung arti perantara.
• Dalam kegiatan
sehari-hari di sekolah, istilah media sering diartikan sebagai alat peraga.
• Dalam
hubungannya dengan komunikasi, media diartikan sebagai alat atau saluran
komunikasi.
Dalam hubungannya dengan pembelajaran, media diartikan sebagai “sarana fisik yang
digunakan untuk mengkomunikasikan atau menyampaikan pesan pembelajaran kepada
siswa” (Gagne & Reiser, 1983
3.
Rasional
Penggunaan Media
a. Rasional
Penggunaan Media menurut Teori Komunikasi
·
Proses pembelajaran pada dasarnya mirip dengan proses
komunikasi, yaitu proses beralihnya pesan dari suatu sumber, menggunakan
saluran, kepada penerima, dengan tujuan untuk menimbulkan akibat atau hasil
(Gafur, 1986, p.16).
·
Model komunikasi terebut dikenal dengan nama model: Source
– Message – Channel – Reciever – Effect
b. Rasional
penggunaan media menurut teori informasi
·
Proses informasi adalah proses menerima, menyimpan dan
mengungkap kembali informasi.
·
Dalam proses pembelajaran, proses menerima informasi
terjadi pada saat siswa menerima pelajaran.
·
Informasi masuk ke kesadaran manusia paling banyak
melalui indera pendengaran dan penglihatan
·
media yang banyak digunakan adalah media audio, media
visual, media audiovisual, dan multimedia
c. Rasional penggunaan
media menurut teori kerucut pengelaman (cone experience)
Kompetensi yang diharapkan dimiliki berkenaan dengan
soal media ini antara lain
·
membedakan ciri khas berbagai macam media, bagaimana
kelebihan dan kekurangannya
masing-masing;
·
memilih media yang tepat untuk kegiatan belajar
mengajar;
·
memproduksi atau membuat media untuk pembelajaran
·
menggunakan media
dalam pembelajaran
·
mengevaluasi efektifitas penggunaan media
4.
Kerucut Pengalaman Edgar
Dale (1946
5.
Fungsi
Media dalam Pembelajaran
Media
Pembelajaran mempunyai fungsi sebagai berikut :
a. Memperjelas
konsep
b.
Menyederhanakan
materi pelajaran yang kompleks
c.
Menampak
dekatkan yang jauh, menampak jauhkan yang dekat
d.
Menampak
besarkan yang kecil, menampak kecilkan yang besar
e.
Menampak
cepatkan dan menampak lambatkan proses
f.
Menampak
gerakkan yang statis, menampak statiskan yang gerak
g.
Menampilkan
suara dan warna sesuai aslinya
6. Klasifikasi Media
A.
Klasifikasi
Media ditinjau dari segi manfaat
a. Media visual
Media visual adalah media yang dalam pemanfaatannya
memerlukan indera penglihatan. Misalnya gambar, filem, poster, baliho, foto,
dsb
b. Media audio
Media audio adalah media yang dalam pemanfaatannya memerlukan
indera pendengaran (telinga), misalnya
program radio, program kaset audio, telephon, pengeras suara
c. Media audiovisual
Media yang dalam penggunaannya memerlukan indera penglihatan maupun pendengaran
sekaligus. Contoh: film bersuara, kaset video, siaran televisi, VCD, DVD
B.
Klasifikasi
media ditinjau dari segi fungsi
C.
Klasifikasi
media berdasar komplekstasnya
a. Media kecil
adalah media yang ditinjau dari segi pembuatan maupun pemanfaatannya relatif
sederhana. Ditinjau dari segi harga tidak terlalu mahal. Misalnya alat peraga
matematika sederhana
b. Media besar
adalah media yang segi pembuatan maupun
pemanfaatannya bersifat kompleks atau
rumit. Ditinjau dari segi biaya memerlukan biaya besar. Contoh media besar:
komputer, televisi, internet
D.
Klasifikasi
media berdasar
digunakan atau tidaknya alat penampil
a.
Klasifikasi
media berdasar
digunakan atau tidaknya alat penampil
Media yang
diproyeksikan adalah media yang pemanfaatannya memerlukan alat penampil
(proyektor). Misalnya overhead transparansi memerlukan OHP, film memerlukan
proyektor film; slides, slide suara, filmstrip, proyektor opaque, bahan
presentasi power point, LCD.
b. Media yang tidak diproyeksikan
Media yang
tidak diproyeksikan adalah media yang pemanfaatannya tidak memerlukan alat
penampil (proyektor). Misalnya benda tiga dimensi, benda nyata, tiruan benda,
model, kit multimedia, bahan cetak, gambar, bagan, peta, dsb.
E.
Klasifikasi
media dalam hubungannya dengan komputer
a.
Media
berbasis komputer
Media
berbasis komputer adalah media yang pembuatan maupun pemanfaatannya menggunakan
komputer. Contoh: VCD, DVD, CAI, internet, web pembelajaran, e-learning
b.
Media
berbasis non komputer
Media
berbasis non komputer adalah media yang pembuatan maupun pemanfaatannya tidak
memerlukan komputer. Misalnya: kaset audio, kaset video, OHP/OHT
7.
Analisis
Kelebihan dan Keterbatasan Beberapa Media
A. Media Radio
a.
Kelebihan
Media Radio
1. Meningkatkan
kemampuan murid untuk berkomunikasi secara lisan (misalnya kemampuan
mendengarkan, intonasi, ucapan, dan sebagainya)
2. Mampu
menyampaikan pesan-pesan yang karena sifatnya lebih menarik kalau disajikan atau
disampaikan secara auditif (menyentuh indera pendengaran).
3. Mengembangkan
imaginasi murid.
4. Menyampaikan
suara atau bunyi asli yang tidak bisa diperoleh secara langsung dan segera,
misalnya suara toke-toke, bunyi binatang, suara mesin pesawat jet, dsb.
5. Memiliki
jangkauan yang luas dan dalam waktu yang relatif singkat.
6. Program radio
dipersiapkan dengan lebih baik oleh team ahli, dengan bahan-bahan yang relatif
lebih luas sehingga kualitas materi pelajaran dan isinya lebih bermutu.
b.
Keterbatasan
Media Radio
1. Sarana
komunikasi satu arah.
2. Sarana penyampai
program yang hanya satu kali, tak dapat dihentikan untuk diulang (diluar
kontrol pendengaran/ audience ).
3. Terikat oleh
alat pemancaran dan waktu.
4. Terlalu peka
terhadap gangguan sekitar.
5. Hanya dapat didengar
saja/menjangkau indera yang terbatas.
6. Terbatasnya
bahan pelajaran yang dapat disampaikan dalam satu program karena terbatasnya
intensitas daya dengar murid
B.
Media
Kaset
a.
Kelebihan Media Kaset
1. Kaset mulai
membudaya dalam masyarakat Indonesia
2. Program kaset
dapat digunakan secara perseorangan maupun kelompok.
3. Dapat diulang
setiap waktu
4. Mudah
diperbanyak.
5. Mudah
menggunakannya
b.
Keterbatasan Media Kaset
1. Media untuk
didengar saja
2. Media satu arah
3. Tidak memiliki
jangkauan yang luas
C.
Media
Slide Suara
a.
Kelebihan Media Slide Suara
1. Sebagai
pengganti pengalaman langsung
2. Untuk
memperjelas dan melengkap informasi yang memerlukan banyak visualisasi.
3. Untuk memberikan
pematangan pada bagian-bagian yang dipandang perlu.
4. Membuat
pelajaran lebih menarik dan menghindari kebosanan.
5. Sebagai bagian
pengayaan.
6. Dapat
menampilkan di layar sesuatu yang tak mungkin disaksikan dengan mata biasa.
7. Dapat dilihat
dan didengar (menjangkau lebih dari satu indera)
b.
Keterbatasan Media Slide Suara
1. Pembuatannya relatif
sulit dan mahal daripada program radio dan kaset.
2. Penggunaannya
lebih sulit daripada radio dan kaset.
3. Visualisasinya
tidak bisa menggambarkan gerakan.
4. Pemeliharaan dan
penyimpangannya relatif sukar.
5. Daya jangkau
terbatas.
6. Memerlukan
fasilitas dan perlengkapan yang khusus (ruang gelap, layar, tenaga listrik)
D.
Media
Komputer
a.
Kelebihan Media Komputer
1. Menghemat waktu
2. Kendali belajar
pada siswa
3. Dapat memberikan
umpan balik dan penguatan secara otomatis
4. Bisa untuk
belajar secara individual/mandiri
5. Dapat
menyesuaikan dengan kecepatan, kesempatan, dan kebutuhan siswa
6. Mempunyai daya
tarik visual, audio, maupun audiovisual terutama pada computer multimedia
7. Dapat mengelola
dan mencatat informasi secara teratur
8. Dapat memberi pengalaman
belajar yang berbeda-beda.
9. Konsisten
10. Efektif dan
efisien
11. Ketepatan
komunikasi
b.
Keterbatasan Media Komputer
1. Biaya mahal
2. Kompatibiltas
kurang
3. Kurang membantu
terjadinya interaksi social
4. Kurangnya
perangkat lunak yang tersedia di pasaran
5. Pemeliharaan
mahal dan perlu keahlian
6. Ketergantungan
pada pasokan listrik.
7. Perlu keahlian
untuk pembuatan program
Comments
Post a Comment