LANGKAH PENYUSUNAN RPP
Oleh : Mohtar As’adi,
S.Pd
Langkah
Penyusunan RPP
1. Pengkajian
silabus, buku teks pelajaran dan buku panduan guru meliputi:
1) KI
dan KD;
2) materi
pembelajaran;
3) proses
pembelajaran;
4) penilaian
pembelajaran;
5) alokasi
waktu; dan
6) sumber
belajar.
2. Perumusan
indikator pencapaian KD pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4;
3. Materi
Pembelajaran dapat berasal dari buku teks pelajaran dan buku panduan guru,
sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran
dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran
normal, pengayaan, dan remedial.
4. Penjabaran
proses Pembelajaran yang ada pada buku teks pelajaran dan buku panduan guru
dalam bentuk yang lebih operasional berupa pendekatan saintifik disesuaikan
dengan kondisi peserta didik dan satuan pendidikan termasuk penggunaan media,
alat, bahan, dan sumber belajar.
5. Penentuan
alokasi waktu untuk setiap pertemuan berdasarkan alokasi waktu pada silabus,
selanjutnya dibagi ke dalam kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
6. Pengembangan
penilaian pembelajaran dengan cara menentukan lingkup, teknik, dan instrumen
penilaian, serta membuat pedoman penskoran.
7. Menentukan
Media, Alat, Bahan dan Sumber Belajar disesuaikan dengan yang telah ditetapkan
dalam langkah penjabaran proses pembelajaran.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
Mata
pelajaran :
Kelas/Semester
:
Alokasi
Waktu :
A.
Kompetensi Inti (KI)
B.
Kompetensi Dasar 1. KD pada KI-1 2. KD pada KI-2 3. KD pada KI-3 4. KD pada
KI-3 C. Indikator Pencapaian Kompetensi*)
1.
Indikator KD pada KI-1
2.
Indikator KD pada KI-2
3.
Indikator KD pada KI-3
4.
Indikator KD pada KI-4 D.
Materi
Pembelajaran (dapat berasal dari buku teks pelajaran dan buku panduan guru,
sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran
dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran
normal, pengayaan, dan remedial)
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama: (...JP)
a. Kegiatan
Pendahuluan
b. Kegiatan
Inti**) · Mengamati · Menanya · Mengumpulkan informasi/mencoba ·
Menalar/mengasosiasi · Mengomunikasikan
c. Kegiatan
Penutup
2.
Pertemuan Kedua: (...JP)
a. Kegiatan
Pendahuluan
b. Kegiatan
Inti**) · Mengamati · Menanya · Mengumpulkan informasi/mencoba ·
Menalar/mengasosiasi · Mengomunikasikan
c. Kegiatan
Penutup
3.
Pertemuan seterusnya.
F.
Penilaian
1. Teknik
penilaian
2.
Instrumen penilaian
a.
Pertemuan Pertama
b.
Pertemuan Kedua
c.
Pertemuan seterusnya
G.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/alat
2. Bahan
Sumber Belajar
Sumber
Pustaka : Pedoman penyusunan RPP
Comments
Post a Comment