TUGAS
INDIVIDU
MANAJEMEN
STRATEGIK
O
l e h
AGUS
PRIYONO, S.Pd.SD
MAHASISWA S2 MP KELAS FAKFAK
SEMESTER 2 (DUA)
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS CENDERAWASIH
JAYAPURA
2017
Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1.
Apa
pengertian manajemen strategik ?
Ada beberapa
pengertian diantaranya sbb:
v Is defined as the of decisions and
actions that result in the formulation and implementation of strategic designed
to achieve a company’s objectives.
v Barney (1997:27) megartikan
manajemen strategik sebagai proses pemilihan dan penerapan strategi, sedangkan
strategi adalah pola alokasi sumber daya yang memungkinkan organisasi dapat
mempertahankan kinerjanya.
v Wheelan & Hunger : 2001 mengartikannya; Seperangkat keputusan dan
tindakan manajerial yang menentukan performa perusahaan/organisasi dalam jangka
panjang
v Manajemen Strategik adalah Sekumpulan keputusan dan tindakan yang
menghasilkan perumusan (formulasi) dan pelaksanaan (implementasi)
rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran-sasaran perusahaan.
v Lawrence R. Jauch & W.F Glueck
(1984) “ Strategic management is a stream of decision and action which
development of an affective strategies to help achieve corporate onjective”.
Diartikan secara bebas manajemen strategi adalah sejumlah keputusan dan
tindakan yang mengarah pada penyusunan suatu strategi atau sejumlah strategi
atau sejumlah strategi yang efektif untuk membantu mencapai sasaran perusahan.
v Hadar Nawai (2005: 148-149),
manajemen strategik adalah perencanaan berskala besar (disebut perencana
strategi) yang berorientasi pada jangkauan masa depan yang jauh (disebut visi)
dan ditetapkan sebagai keputusan pimpinan tertinggi (keputusan yang bersifat
mendasar dan prinsipiel) agar organisasi berinteraksi secara efektif
(disebutkan misi), dalam usaha menghasilkan sesuatu (perencanaan operasional
untuk menghasilkan barang dan/ atau jasa serta pelayanan) yang berkualitas,
dengan diarahkan pada optimalisasi pencapaian tujuan (disebut tujuan strategik)
v Manajemen strategik merupsksn
prosess atau rangkaian kegiatan pengambilan keputusan yang bersifat mendasarkan
dan menyeluruh, disertai penetapan cara pelaksanaannya, yang dibuat oleh
pimpinan dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran dalam suatu organisasi
untuk mencapai tujuan
v Manajemen strategis adalah sekelompok keputusan dan tindakan manajerial
yang menentukan kinerja jangka panjang organisasi
v Manajemen strategik didefinisikan sebagai sekumpulan keputusan dan
tindakan yang menghasilkan perumusan dan pelaksanaan rencana-rencana yang
dirancang untuk mencapai sasaran-sasaran perusahaan/institusi/organisasi
2.
Apa
saja manfaat mempelajari manajemen strategik ?
v Memperkuat kemampuan perusahaan
mencegah masalah
v Formulasi keputusan berdasarkan
kelompok menghasilkan pilihan strategi terbaik
v Mempertinggi motivasi Sumber Daya
Manusia (SDM)
v Mengurangi tumpang tindih kegiatan
v Penolakan terhadap perubahan berkurang
v Visi strategi yang lebih jelas
v Fokus yang lebih tajam atas faktor
yang penting secara strategis
v Meningkatkan pemahaman mengenai
perubahan lingkungan yang sangat cepat
v Kegiatan perumusan (formulasi) strategi memperkuat kemampuan perusahaan
mencegah masalah.
v Keputusan strategik yang didasarkan pada hasil kelompok merupakan
alternatif terbaik.
v Keterlibatan karyawan dalam perumusan strategi meningkatkan pemahaman
karyawan tentang hubungan produktivitas-imbalan, sehingga mempertinggi
motivasi.
v Berkurangnya kesenjangan dan overlap kegiatan diantara karyawan, dan
memperjelas peran masing-masing.
v Berkurangnya penolakan terhadap perubahan
v Perumusan strategi dapat memperkuat kemampuan perusahaan mencegah masalah
v Keputusan Strategik berdasarkan interaksi dalam kelompok, dapat
menghasilkan kesimpulan keputusan terbaik dalam kelompok
v Keterlibatan karyawan dalam pengambilan keputusan strategik, meningkatkan
tanggung jawab
v Peran masing divisi terbentuk sehingga terhindar pekerjaan yang tumpang
tindih
v Penolakan terhadap perubahan berkurang
3.
Kemukakan
prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan untuk menguntungkan strategik !
v Strategi haruslah konsisten dengan
lingkungannya. Ikutilah arus perkembangan yang bergerak di masyarakat (jangan
melawan arus), dalam lingkungan yang memberi peluang untuk bergerak maju.
v Setiap strategitidak hanya membuat
satu strategi. Tergantung pada ruang lingkup kegiatannya. Apabila banyak
strategi yang dibuat, maka strategi yang satu haruslah konsisten dengan
strategi lainnya
v Strategi yang efektif hendaknya
memfokuskan dan menyatukan semua sumber daya dan tidak mencerai beraikan satu
dengan yang lainnya
v Strategi hendaknya memusatkan
perhatian pada apa yang merupakan kekuatannya dan tidak pada titik-titik yang
justim pada kelemahannya. Selain itu, hendaknya juga memanfaatkan kelemahan
persaingan dan membuat langkah-langkah yang tepat untuk menempati posisi
kompetitif yang lebih kuat
v Sumber daya adalah suatu Yng
kritis.mengingat strategi adalah suatu yang mungkin, maka harus membuat sesuatu
yang layak dan dapat dilaksanakan
v Strategi hendaknya memperhitungkan
resiko, tetapi haruslah berhati-hati sehingga tidak terjerumuskan organisasi ke
dalam lobang yang besar. Oleh karena itu, suatu strategi harusnya dapat
dikontrol
v Strategi hendaknya disusun di atas
landasan keberhasilan yang telah dicapai. Jangan menyususn strategi di atas
kegagalan
v Tanda-tanda dari suksesnya strategi
ditampakkan dengan pihak-pihak yang terkait, terutama dari para eksekutif, dari
semua pimpinan unit kerja dalam organisasi
v Strategi Perusahaan berusaha menentukan cara organisasi bersaing dalam
tiap bisnisnya :
v Peran keunggulan bersaing (competitive advantage)
v Strategi bersaing
v Lima faktor kekuatan persaingan :
o Ancaman pemain baru
o Ancaman produk substitusi
o Kekuatan tawar menawar pembeli
o Kekuatan tawar menawar pemasok
o Pesaing yang ada sekarang
4.
Sebutkan
tahapan atau proses manajemen strtegik !
v Scanning Lingkungan:
1.
Scanning Lingkungan Eksternal :
a.
Lingkungan Sosial
b.
Lingkungan Industri
2.
Scanning Lingkunan Internal :
a.
Struktur
b.
Wewenang
c.
Budaya
d.
Sumber daya
e.
Aset
f.
Teknologi
g.
Politik
v Memformulasikan Strategi
1.
Misi
2.
Strategi
3.
Kebijakan
v Mengimplementasikan Strategi
1.
Program
2.
Budget
3.
prosedur
v Evaluasi dan Pengolahan
1.
Performa
5.
Sebutkan
berbagai masalah dalam implementasi manajemen strategik !
a.
Tantangan Lingkungan Umum yang terdiri dari Lingkungan
Industri/organisasi (sosiokultural, ekonomi, demografis) dan Lingkungan
Kompetitif ( global, teknologi, politik hukum).
b.
Tantangan dari Pendatang Baru, yang terdiri dari :
v Skala Ekonomis (biaya murah)
v Diferensiasi (keunikan) Produk
v Persyaratan Modul
v Switching Costs (biaya beralih
produk atau perusahaan lalu)
v Akses ke jalur internasionl
v Cost disadvantage independent of
scale (keunggulan biaya selalu skala ekonomis, lokasi, subsidi, bahan baku)
v Kebijakan Pemerintah; lisensi, tata
niaga
v Expected retaliation; reaksi pesaing
yang diantipasi
c.
Kekuatan Tawar Pasok
d.
Kekuatan Tawar Pembeli
e.
Tantangan dari produk Pengganti
f.
Rivalitas Antar Pesaing dalam industri yang sama
g.
Rivalitas Antar Kompetitor yang ada
h.
Efek halangan masuk dan halangan keluar terhadap keuntungan
industri
i.
Waktu operasional karyawan terpakai
j.
Tanggung jawab keberhasilan strategi
k.
Kekecewaan jika gagal
l.
Rentan terhadap perubahan segmen sasaran
m.
Rentan terhadap perubahab lingkungan
ekonomi
n.
Rentan terhadap biaya oportunitas tinggi
o.
Lebih mahir dari pesaing
p.
Murah dan resiko rendah
q.
Manajer Strategik harus dapat meminimisasi
dampak negatif atas tanggung jawab operasional
r.
Manajer strategik harus mampu membatasi janji
janji kenerja yang dapat diwujudkan
s.
Manager stretegik harus mampu mengantisipasi
dan menanggapi kekecewaan para bawahan yang berpartisipasi atas harapan –
harapan yang tidak menjadi kenyataan.
Comments
Post a Comment