Skip to main content

KEGIATAN BINTEK PENYUSUNAN PKG, PKB DAN SKP GUGUS BOMBERAY - FAKFAK




PROPOSAL KEGIATAN WORKSHOP PENYUSUNAN PKG,SKP DAN PKB BAGI KEPALA SEKOLAH DAN GURU SENIOR/OPERATOR SEKOLAH DISTRIK BOMBERAY – FAKFAK TAHUN 2015 MUSYAWARAH KELOMPOK KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKKS) SEKOLAH DASAR GUGUS BOMBERAY 2015 
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA MUSYAWARAH KELOMPOK KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKKS) SD GUGUS BOMBERAY – KABUPATEN FAKFAK Alamat: SD Inpres 4 Bomberay, Kampung Mekar Sari-Bomberay-Fakfak ====================================================== Nomor : 02 / KKKS-B/X/2015 Perihal : Proposal Workshop Penyusunan PKG, SKP dan PKB Lampiran : 1 bendel Kepada: Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kab. Fakfak CQ. Kabid. Pendidikan Prasekolah dan pendidikan Dasar Di Fakfak Dengan Hormat, Dalam rangka peningkatan kapasitas kepala sekolah dasar dalam kegiatan pelaksanaan tugas memberikan penilaian kepada guru-guru, maka adakan Kegiatan Workshop Penyusunan Penilaian Kinerja Guru (PKG), Penilaian Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Kepala Sekolah Dasar dan Guru Senior/ operator sekolah se Gugus Bomberay Distrik Bomberay dan Tomage. Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami lampirkan proposal workshop penyusunan PKG, SKP dan PKB. Ketua KKKS SD Bomberay (Ketua Panitia) JONI T. BUDJI, A.Ma.Pd NIP 19641003 199711 1 002   KATA PENGANTAR Puji syukur dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselesaikannya penyusunan Proposal Workshop Penyusunan PKG, SKP dan PKB. Proposal ini disusun sebagai panduan Kegiatan Workshop Penyusunan PKG, SKP dan PKB bagi Kepala Sekolah Dasar dan Guru Senior/Operator Sekolah Gugus Bomberay Tahun 2015. Kegiatan Workshop Penyusunan PKG, SKP dan PKB bagi Kepala Sekolah Dasar dan Guru Senior/Operator Sekolah Gugus Bomberay Tahun 2015 diharapkan dapat memantapkan pengetahuan kepala sekolah dan guru senior / operator sekolah terhadap Penilaian kinerja Guru, Penilaian Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Proposal ini masih memiliki banyak kekurangan, sehubungan dengan hal tersebut revisi akan dilakukan terus menerus. Masukan berbagai pihak, terutama kepala sekolah dan guru akan menjadikannya bahan penyempunaan penyusunan proposal.   BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Pada tahun pelajaran 2014/2015 dan 2015/2016 semua Sekolah Dasar (SD) diseluruh Indonesia harus melaksankan PKG, SKP dan PKB. Sebelum melaksanakan kegiatan tersebut sejumlah kepala sekolah dan guru/operator sekolah dari setiap sekolah diberikan pelatihan. Pada tanggal 22 April 2014 diadakan Sosialisasi dan Workshop tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai (SKP) di Lingkungan Pemda Fakfak di GOR Grapangit Gewap, Sosialisasi Penilaian Kerja Guru di Lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga kab. Fakfak pada tanggal 28 Maret 2013 di SMK Yapis Fakfak, Workshop Assesor PKG Kab. Fakfak pada tanggal 16 Desember 2013 di SD YPPK Fatima, Pelatihan Peenulisaan Inovatif bagi PTK Gol. III,dan IV Dikpora Kab. Faakfak pada tanggal 26 September 2014 di SMK Yapis Fakfak dan Pelatihan SKP di lingkungan Pemda Fakfak pada September 2015 di GOR Grapangit Gewap . Meskipun telah memperoleh pelatihan, mereka memerlukan kegiatan menyusun di sekolah yang secara langsung dapat membantu mereka melaksanakan kegiatan menyusunnya.. Kegiatan workshop penyusunan PKG, SKP dan PKB dirasakan sangat penting membantu sekolah untuk persiapan usulan kenaikan pangkat guru. B. Landasan Hukum Kegiatan Workshop Penyusunan PKG, SKP dan PKB secara utuh berlandaskan pada ketentuan perundang-undangan sebagai berikut: 1. Undang-Undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2. Undang-Undang RI nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 3. Undang-Undang RI nomor 17 tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Nasional tahun 2005-2012 4. Peraturan Pemerintah RI nomor 71 tahun 2008 tentang Guru 5. eraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan 6. Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 1 Tahun 2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2013 tentang Peenilaian Prestasi Kerja PNS. 7. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. C. Tujuan Tujuan Umum Memberikan penguatan agar kepala sekolah dan guru senior/operator sekolah dapat melaksanakan penyusunan PKG, SKP dan PKB mulai dari tahap merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pencapaian kompetensi sehingga nantinya dapat dipergunakan untuk pengembaangan diri guru dan usul kenaikan pangkat. Tujuan khusus Meningkatkan kemampuan kepala sekolah dan guru senior/operator sekolah sehingga mampu dalam: a. Menyusun dan menilai kinerja guru (PKG) ; b. Menyusun dan menilai prestasi kerja pegawai (SKP); c. Menyusun dan menilai pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB); d. Melakukan evaluasi dan mencari solusi dari hasil PKG, SKP dan PKB untuk tindakan pengembangan diri guru ke depan/ selanjutnya.   BAB II PROGRAM WORKSHOP PENYUSUNAN PKG,SKP DAN PKB A. Susunan Panitia Pelindung : Alfons Kambu, S.Pd.SD (Pengawas SD Bomberay) Ketua : Joni T Budji, A.Ma.Pd Sekretaris : Agus Priyono, S.Pd.SD Bendahara : Sofyan Rumaf, S.Pd.I B. Rincian Tugas 1. Pelindung o Bertanggung jawab atas seluruh proses penyelenggaraan kegiatan Workshop Penyusunan PKG, SKP dan PKB o Mengesahkan anggaran,bahan dan alat-alat administrasi serta pelaporan pelaksanaan 2. Ketua o Mengawasi/memonitor dan memberikan arahan terhadap pelaksanaan program 3. Sekretaris o Merencanakan dan menyusun program kerja pelaksanaan workshop 4. Bendahara o Merencanakan dan menyusun anggaran o Mengadministraskian dan melaporkan anggaran keuangan C. Sasaran Peserta kegiatan workshop sejumlah 20 orang, dengan rincian sebagai berikut : 1. SD Inpres 1 Bomberay : 2 orang 2. SD Inpres 2 Bomberay : 2 orang 3. SD Inpres 3 Bomberay : 2 orang 4. SD Inpres 4 Bomberay : 2 orang 5. SD Inpres 5 Bomberay : 2 orang 6. SD Inpres 6 Bomberay : 2 orang 7. SD Inpres 7 Bomberay : 2 orang 8. SD Inpres Otoweri : 2 orang 9. SD YPPK Santo Titus Tomage: 2 orang 10. SD Persiapan UPT 1 Tomage: 2 orang D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatsan workshop bertempat di SD Inpres 2 Bomberay sebagai sekolah yang berada di tengah-tengah dan memiliki sarana penunjang kegiatan, akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai hari Kamis tanggal 15 s/d Sabtu tanggal 17 Oktober2015 E. Rencana Pelaksanaan 1. Persiapan a. Penyusunan panduan workshop 1) Penyusunan petunjuk teknis pelaksanaan dan bahan workshop. 2) Sosialisasi program workshop kepada para calon peserta dan pemberi materi. 2. Pelaksanaan workshop. Kegiatan workshop dilaksanakan dengan waktu 3 hari, dengan tahapan penjelasan, kegiatan diskusi dan membuat/praktek menyusun, sehingga pada akhir kegiatan peserta telah dapat menyusun dan mempunyai hasil dokumentasi dari PKG, SKP dan PKB bagi guru-guru yang menjadi tanggungjawabnya dan sebagai bahan pengusulan kenaikan pangkat. F. Hasil Yang Diharapkan Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan workshop adalah : 1. Kepala sekolah semakin memahami : a. Makna, peryaratan, prinsip, tahap-tahap pelaksanaan dan konversi nilai penilaian kinerja guru (PKG) b. Makna, peryaratan, prinsip, tahap-tahap pelaksanaan dan konversi nilai penilaian sasaran kinerja pegawai (SKP). c. Makna, peryaratan, prinsip, tahap-tahap pelaksanaan dan konversi nilai pengembangan keeprofesian berkalanjutan (PKB) 2. Kepala sekolah semakin terampil : a. Menyusun instrumen PKG, SKP dan PKB b. Mengelola kegiatan PKG, SKP, dan PKB c. Menyusun instrumen penilaian PKG, SKP, dan PKB d. Melaksanakan penilaian termasuk pengisian laporan hasil penilaian untuk penilaian tahunan dan persiapan kenaikan pangkat. e. Melaksanakan kegiatan evaluasi yang hasilnya digunakan pengembangan diri guru.   BAB III RENCANA ANGGARAN Perincian Biaya Untuk Kegiatan WorkshopTingkat Gugus Bomberay No Uraian Program Volume Satuan Harga Satuan Jumlah I. Manajemen Pendampingan 1 Honor Panitia 5 Orang 250,000 1,250,000 2 Pembuatan dan (print out) laporan 1 Buah 200,000 200,000 3 Penjilid dan Cetak Laporan 1 Buah 100,000 100,000 II. Honor Nara Sumber 1 BKD,DikPora 3 Orang 500,000 1.500,000 III. Transfor Pendamping dan Peserta 1 Transfor Peserta 20 20 or x 3 hari 50,000 3,000,000 2 Transfor Nara Sumber 3 3 or x 3 hari 500,000 4,500,000 3 Transfor Panitia 5 5 or x 3 hari 50,000 1,250,000 IV. Penggandaan/Bahan Pendampingan ATK 1 Kertas HVS 70 Gr (A4) 5 Rim 40,000 200,000 2 Kertas Manila 10 Lembar 3,500 35,000 3 Lem Kertas 3 Tube 5,000 15,000 4 Selotif/Solasi 5 Buah 2,000 10,000 5 Spidol Kecil 10 Pak 12,500 125,000 6 Spidol White Board 12 Buah 7,500 18,000 7 Tinta Printer 5 Buah 30,000 150,000 8 Penggandaan Materi dalam CD 20 Buah 10,000 200,000 9 Sertifikat 20 Lembar 15,000 300,000 V. Bantuan Konsumsi Pendamping dan Peserta 1 Knsumsi Pelaksanaan Panitia 5 5 or x 3 hari 50,000 750,000 2 Konsumsi Nara Sumber 3 3 or x 3 hari 50,000 450,000 3 Konsumsi Peserta 20 20 or x 3 hari 50,000 3,000,000 JUMLAH 18,183,000 Keterangan : Dana swadaya dari masing sekolah sebesar Rp. 500,000,- x 10 = Rp. 5,000,000 Kami masih kekurangan dana sebesar Rp. 13,183,000 BAB IV PENUTUP Keberhasilan suatu program kerja tidak selalu tergantung pada perencanaan yang cermat dan matang akan tetapi sangat dipengaruhi oleh kinerja seluruh komponen yang terlibat dalam pelaksanaan secara sinergis. Program kerja yang disusun secara cermat dan matang, Insya Allah mampu memberikan arah dan acuan dalam pelaksanaan, menjadikan kegiatan tersebut dapat mencapai sasaran secara efektif dan efisien serta berlangsung secara tertib dan sukses. Kesadaran untuk membangun kebersamaan dalam kerjasama yang terpadu dan didukung oleh komunikasi yang baik akan mampu mewujudkan haapan yang telah digariskan dalam program tersebut. Mohon kesediaannya Bapak/Ibu /Saudara/Saudari untuk dapat membantu kami berupa dana, sehingga kegiatan bisa beerlangsung denag baik. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, diberikan keteguhan hati untuk menunaikan pengabdian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Atas bantuan yang diberikan diucapkan banyak terima-kasih. Amiin. Menyetujui Pelindung / Pengawas SD Distrik Bomberay ALFONS KAMBU, S.Pd NIP 19560430 197702 1 002 Bomberay , 01 Oktober 2015 Ketua Panitia JONI T BUDJI, A.Ma.Pd NIP 19641003 199711 1 002 DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA MUSYAWARAH KELOMPOK KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKKS) SD GUGUS BOMBERAY – KABUPATEN FAKFAK Alamat: SD Inpres 4 Bomberay, Kampung Mekar Sari-Bomberay-Fakfak ====================================================== DAFTAR SUMBANGAN SUKARELA UNTUK KEGIATAN WORKSHOP NO. NAMA ALAMAT BESAR SUMBANGAN TANDA TANGAN DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA MUSYAWARAH KELOMPOK KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKKS) SD GUGUS BOMBERAY – KABUPATEN FAKFAK Alamat: SD Inpres 4 Bomberay, Kampung Mekar Sari-Bomberay-Fakfak ====================================================== Nomor : 02 / KKKS-B/X/2015 Perihal : Proposal Workshop Penyusunan PKG, SKP dan PKB Lampiran : 1 bendel Kepada: Kepala Distrik Bomberay Di Bomberay Dengan Hormat, Dalam rangka peningkatan kapasitas kepala sekolah dasar dalam kegiatan pelaksanaan tugas memberikan penilaian kepada guru-guru, maka adakan Kegiatan Workshop Penyusunan Penilaian Kinerja Guru (PKG), Penilaian Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Kepala Sekolah Dasar dan Guru Senior/ operator sekolah se Gugus Bomberay Distrik Bomberay dan Tomage. Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami lampirkan proposal workshop penyusunan PKG, SKP dan PKB. Ketua KKKS SD Bomberay (Ketua Panitia) JONI T. BUDJI, A.Ma.Pd NIP 19641003 199711 1 002 DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA MUSYAWARAH KELOMPOK KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKKS) SD GUGUS BOMBERAY – KABUPATEN FAKFAK Alamat: SD Inpres 4 Bomberay, Kampung Mekar Sari-Bomberay-Fakfak ====================================================== Nomor : 02 / KKKS-B/X/2015 Perihal : Proposal Workshop Penyusunan PKG, SKP dan PKB Lampiran : 1 bendel Kepada: Kepala Distrik Tomage Di Tomage Dengan Hormat, Dalam rangka peningkatan kapasitas kepala sekolah dasar dalam kegiatan pelaksanaan tugas memberikan penilaian kepada guru-guru, maka adakan Kegiatan Workshop Penyusunan Penilaian Kinerja Guru (PKG), Penilaian Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Kepala Sekolah Dasar dan Guru Senior/ operator sekolah se Gugus Bomberay Distrik Bomberay dan Tomage. Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami lampirkan proposal workshop penyusunan PKG, SKP dan PKB. Ketua KKKS SD Bomberay (Ketua Panitia) JONI T. BUDJI, A.Ma.Pd NIP 19641003 199711 1 002

Comments

Popular posts from this blog

KEGIATAN BELAJAR BERMAIN (KBB) Kelompok Kerja Guru Se-Gugus Bomberay dan Tomage             Anak-anak pada masa sekarang mempunyai banyak jenis permainan baik yang bersifat sederhana maupun modern. Bermain merupakan kegiatan yang sangat diminati dan sering  dilakukan oleh anak-anak. Ada pepatah yang mengatakan: " Dunia anak adalah dunia bermain". Dunia anak identik dengan bermain / permainan. Tiada hari tanpa bermain, itu semboyan bagi anak-anak.            Dengan kondisi yang demikian maka para ahli pendidikan memanfaat kegiatan bermain dalam kegiatan proses belajar mengajar di sekolah. Selama ini yang beranggapan bermain  dikalangan anak-anak  yang dianggap  tidak ada manfaatnya dalam proses belajar mengajar kurang bermanfaat ternyata tidak benar. Bermain yang tidak diarahkan ke dalam proses belajar mengajar memang tidak bermanfaat dan bahkan menimbulkan kegaduhan yang akhirnya mengganggu proses belajar mengajar dan tujuan pembelajaran tidak berhasil.    

Peran Guru Sebagai Model Pembelajaran Tematik

PERAN GURU SEBAGAI MODEL DALAM PEMBELAJARAN KARAKTER DAN BUDAYA BANGSA MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK Oleh :Agus Priyono, S.Pd.SD SD YPPK Santo Titus Tomage Kab. Fakfak I.        Pendahuluan Perubahan kurikulum yang terjadi di Indonesia telah mempengaruhi perkembangan pendidikan kita. Itu disebabkan karena pendidikan merupakan tolak ukur pembelajaran dalam lingkup sekolah. Berhasil atau tidaknya pendidikan bergantung apa yang diberikan dan diajarkan oleh guru. Hasil-hasil pengajaran dan pembelajaran berbagai bidang studi terbukti selalu kurang memuaskan berbagai pihak (yang berkepentingan – stakeholder ). Hal tersebut setidak-tidaknya disebabkan oleh tiga hal. Pertama , Pendidikan yang kurang sesuai dengan kebutuhan dan fakta yang ada sekarang (Need Assessment). Kedua , Metodologi, strategi dan teknik yang kurang sesuai dengan materi. Ketiga , Prasarana yang mendukung proses pembelajaran. Ketiga hal tersebut memberikan dampak yang besar bagi perkembangan pendidikan k